CARA VAKUM MENUAL KULKAS/GANTI OLI/GANTI PREON

Di posting oleh S60v2Acong.Leor pada 03:28 AM, 26-Mar-12

Di: CARA KERJA


dalam
sistem
pendingin
seperti
Air conditioner,kulkas
dll
pada
saat
pengggantian
kompresor ataupun pengisian freon harus di lakukan pemakuman karena bila tidak maka mesin kompresor tidak akan bekerja dengan baik dan hasilnya pun AC ataupun kulkas tidak akan dingin, karena refrigerant yang terdapat di dalam sirkulasi tsb bercampur dengan udara. saran saya sebelum melakukan pengisian freon hendaknya kompresor tersebut di vakum terlebih dahulu, sebelum itu lakukan juga flushing agar oli yang terdapat pada pipa-pipa akan keluar sehingga pada pipa tersebut benar-benar bersih dari debu/ kotoran dan sisa sisa oli yang terdapat pada jalur sirkulasi pendingin itu. Cara vakum kulkas tanpa menggunakan mesin vakum ini bila di dalam AC biasa di sebut vakum body (manual) dan bila pada kulkas di sebut vakum strainer atau vakum lewat lubang saringan karena cara ini lebih mudah tanpa harus punya mesin vakum. Langkah pertama seperti biasanya siapkan alat-alat yang di butuhkan yaitu:
1. Blender gas (Hi cook)
*alat ini yang biasa di bawa alkatro buat masak pada saat naik gunung*
2. Methyl sebagai pembersih pipa
3. Refrigerant R-134a, freon yang biasanya di gunakan untuk kulkas.
4. Kawat las dan borax *serbuk agar kawat las dapat menempel pada pipa*
5. Tang Amper meter *jangan ketinggalan* langkah langkah pengerjaannya:
1. Pada pipa strainer kulkas terdapat 2 lubang pipa kapiler (panjang dan pendek) dan satu pipa yang terhubung ke kondensor kulkas, potong pipa kapiler yang pendek *berikan sedikit lubang udara* tapi ingat sebelumnya sudah di lakukan FLUSHING 2. Pasang tang amper dan selang manifold kuning pada pentil pengisian freon di kompresor guna mengetahui proses pemakuman itu. 3. Hidupkan kulkas agar proses pemakuman berjalan, check pada pipa kapiler pendek yang tadi di lubangi apakah keluar udara atau tidak...? bila belum keluar udara besarkan kembali lubangnya, karena melalui lubang inilah udara yang terjerembam di dalam pipa pipa akan keluar.
4. Ambil wadah kecil untuk tempat Methyl dan masukan pipa kapiler pendek tadi kedalam wadah tersebut, akan terlihat gelembung2 di dalam air methyl tsb tanda udara sudah keluar dan tunggu hingga tidak ada lagi gelembung udara yang keluar dari dalam pipa kapiler ini. waktunya berkisar 80 menit s/d 100 menit *untuk dapat hasil yang maksimal *jika menggunakan mesin vakum waktu relatif lebih cepat*. 5. jika sudah tidak tampak gelembung udara yang keluar itu tandanya pemakuman berhasil namun bila dalam waktu tsb masih ada udara berarti masih ada kebocoran pada pipa yang di las, checking bekas las las- an pada pipa. 6. pemakuman berhasil dapat dilihat pada alat
manifold gauge yang menunjuk di bawah nol psi (-30psi) dan pada wadah kecil tsb. 7. Proses pemakuman dengan strainer melalui lubang pipa kapiler ini sudah berhasil tinggal proses terakhir yaitu menutup lubang pada pipa kapiler tersebut caranya begini: - Cabut power kulkas, jepit dengan tang pipa kapiler tsb. pada saat power kulkas di cabut kompresor kulkas tidak bekerja dan otomatis lubang pipa kapiler yang tadi mengeluarkan udara itu akan berbalik menjadi menghisap udara. Biarkan air yang berisi methyl dalam wadah itu terhisap oleh kompresor
kemudian jepit pipa kapiler itu sebelum methylnya tersedot semua.., setelah di jepit kemudian potong dengan tang potong.
8. terakhir sumbatlah potongan pipa kapiler tadi dengan kawat las dan blender gas. Proses pemakuman pada kulkas dengan cara manual tanpa menggunakan mesin vakum hanya dengan bantuan pipa strainer sudah selesai sekarang tinggal mengisi freonnya, ISI FREON KULKAS hingga bertekanan 10 psi dan sesuaikan ampere kompresor

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

2 tanggapan untuk "CARA VAKUM MENUAL KULKAS/GANTI OLI/GANTI PREON"

paidimasambaii@ymail.com pada 03:01 PM, 23-Oct-13

saya baru mengisi freon kulkas satu pintu,smntara proses pengisian body kulkas tidak hangat dan rak kulkas tidak dingin,tank ampere menunjukan angka 0,02.Selusi dan kendala apa?sehingga kulkas yang saya perbaiki belum normal?mohon bantuannya?

paidimasambaii@ymail.com pada 03:02 PM, 23-Oct-13

saya baru mengisi freon kulkas satu pintu,smntara proses pengisian body kulkas tidak hangat dan rak kulkas tidak dingin,tank ampere menunjukan angka 0,02.Selusi dan kendala apa?sehingga kulkas yang saya perbaiki belum normal?mohon bantuannya?

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar